balada di tengah hujan

by

kemarin sore,
sepanjang jalan pulang,
aku berjuang,
berjuang.. meradang.. menerjang..
menerobos barisan hujan..

haha.. lebay pisan sih.
pokonya kemaren penderitaan dimulai di parkiran belakang bip.
dalam kebimbangan mau pulang apa engga. hujan rintik-rintik. ga gede-gede ngajebret jg sih, tp tetep aja ujan.

nanya ke gege, "ge, pulang sekarang ga?"
si gege pasrah tea, "terserah km gege mah,"

hmm. bisa aja sih nih ujan ditungguin. tp setelah gw terawang dgn mengerahkan seluruh kemampuan ghoib, akhirnya gw mutusin kl ni ujan ditungguin ampe bulukan jg pasti lama beresnya. ampe malem kemungkinan.
so akhirnya gw pun mutusin, nekat pulang. di tengah hujan yang dingin menghadang.
dgn tebengan gege di belakang, ngeeeeeenng gw pun meluncur ke daerah rumah kami yg tercinta, bojongkoneng.

dan,
hujan,
becek,
ga ada ojek, (kecuali si gege yg ngojekin ke gw)
BASAH,
DINGIN,
sampe tangan gw pun membeku di setang motor.

"ge, sumpahlah tangan beku pisan nih, dinginnya parah!"
gege dengan bengeut pasrah (gatau deng, kayanya mah pasti udah pasrah gituh) "hati-hati ya ceu, gege zikir nih."

gw pun kembali berjuang keras.
melawan seluruh halangan dan rintangan yang mendera sepanjang jalan pulang..
oh, betapa sulitnya.
oke, jalanan emg ramai lancar.
tapi DINGIN.
dan BASAH. gw berharap helm gw ada wiper-nya.
terus gw tibatiba inget, gege kan pake helm batok.

"ga apa2 ge?"
"dingin bgtlah ceu, gege udah ky cuci muka nih"


kasian banget.
gw kembali fokus ke jalanan.
sementara ujan ga mau berhenti aja. terawangan gw hari ini emg tokcer.
wah, ga kerasa ya..
seluruh perjuangan gw menembus ujan bawa nyawa orang akhirnya dengan selamat nganter kita berdua,
ke belokan jalan BOJONGKONENG.

akhirnya..
gw mengembuskan napas lega..
nyampe jg di jalan bojongkoneng..

lalu setelah beberapa puluh meter terlewati..
sadarlah gw akan rintangan yg lebih berat di depan mata..
kalo ini game, berarti gw udah naek level..
medannya lebih berat! lebih berlika-liku.

jalanan nanjak.. macet.. ga ada setengah meter tanpa bolong.. ga ada sepuluh meter tanpa polisi tidur..
dan makin DINGIN..
makin BASAH..
gege udah makin tegang di belakang gw. gw ngerasain dy megangin jaket gw (yg BASAH)

"sabar ya, ge," kata gw
gege megangin jaket gw terus, terutama kl dy liat ada bolong-bolong di jalan.

gw berusaha sehati-hati mungkin..
terus menanjak melewati jalanan rumah yg benerbener PARAH
terus ngelewatin sebuah rumah berpagar hijau..
rumah gw, pikir gw lega. nyaris ngebelokin motor, terus inget..

oh iya, nganter gege dulu dengan selamat.

akhirnya gw pun nambah gas lagi dan nanjak dgn kemiringan dan sudut elevasi yang semakin ekstrim nian.
dan frekuensi bolongan yang tampaknya sudah merupakan modus
gaya gesek sudah mendekati nol saking licinnya
oh iya, tetep DINGIN
tetep BASAH

"ge, jalan rumah lu tuh ya, bikin emosi abis,"
"iya emang, hatihati ya ceu"


masih hati-hati, gw pun melirik belokan di kanan jalan..
kompleksnya gege..
gw menghela napas lega..
terus belok masuk ke kompleks gege.. gw pikir gw udah berhasil..

ternyata gw NAIK LEVEL lg.

apa yg lebih bahaya dari tanjakan licin dan bolong2?
turunan licin dan bolong2

gw berusaha keras mainin rem supaya ga kejeblos di turunan yg super duper licin itu.. gege jg udah makin tegang megangin jaket gw..
tetep DINGIN
tetep BASAH
dan di tengah-tengah turunan yang CURAMnya luar biasa itu, gw harus berhenti!
untungnya di sebrang rumah gege ada lapangan datar..

dgn masih mainin rem gw pun berusaha berbelok..
hampir aja gw selip.. gege udah nahan napas..
untungnya gw masih bisa kontrol..
masih DINGIN dan masih BASAH
gw pun nurunin gege.

"makasih ceu, hatihati" kata gege sambil masuk ke rumahnya

gw pun melanjutkan perjalanan gw yg memang sangat menegangkan dan memacu adrenalin
sampai di rumah..

gw masuk ke garasi..
masuk rumah..
mandi.. pake sweter tebel.. minum teh..

akhirnya HANGAT..
dan akhirnya KERING..

gw pun tersenyum bahagia.