post yg mungkin bakal didislike sm temen2 hehe

by

anak kelas tiga di sekolah lagi pada heboh banget.
kenapa? soalnya muncul isu, uas dan ujian praktek dimajuin jadi sebelum uan. which means, kurang dari dua bulan lagi. bahkan, beberapa ujian praktek ada yg dimajuin sampe februari.
hmm ya jelas2 lah kita pada sontak protes. dengan rentang waktu yang bener-bener mepet banget, kita diharapkan bener-bener nguasain pelajaran selama tiga tahun, diharapkan bisa ngeraih hasil yg remarkable pas uan (yang, dengan kondisi kita yg udah pada lupa-lupa pelajaran kelas satu dan dua dan ga difasilitasi pemantapan, rasanya mustahil bin mustahal) yah ditambah lagi beban uas dan ujian praktek. zzzz kapan napasnya?

oke di twitter semua orang heboh bgt. 'sekolah ga mikir apa uas dimajuin?' 'sekolah tuh maunya apa sih uas jadi sebelum uan?' 'gila ajalah gmn kita mau maju kalo sistem sekolah aja kaya gini' dan selama ini saya jadi silent-reader tweet2 teman-teman saya yang memang benar, tapi saya ga sepenuhnya setuju. kenapa saya ga ikut k0ar-koar, ikutan protes ikutan pamer kekecewaan, ya karena sebenernya saya ga ada keinginan protes juga. oke saya emang non-mainstream banget. dan alasan saya bikin postingan ini, saya cuma pengen ngasih pendapat aja tentang isu-isu beginian, cuma kalo pendapat itu saya tulis di twitter kayanya impossible banget dah (sokasik bahasanya), 140 karakter ga mungkin bisa memfasilitasi semua pendapat saya, dan kalo saya ngepost di twitter ada kemungkinan saya dicap pro-sekolah dan nerdy geeky dan lain sebagainya lah.

hmm. kalo saya sendiri sebenernya ga ngerasa terlalu heboh pas tau uas dimajuin. pas pertama denger berita ini, i was like 'oh, uas dimajuin'. titik. tanpa kata 'tapi, ih, loh kok' atau kata-kata ketidakpercayaan lain yang mengikutinya. engga, bukannya saya udah siap suriap menghadapi gelombang ujian yg so stressing ini (yaiyalah cuma sebiji pra un aja saya udah kocar-kacir). jujur saya juga ga siap da. jujur saya juga lumayan khawatir bisa bener-bener maksimal nanti di berbagai ujian akhir sma ini.
cerita dulu sekilas ya. tadi pas saya lagi belajar sama opik di 3ipa atas (ciee belajar cenah gaya lah hahhahaa) saya ketemu sama rino. dan as usual lah sharing tentang masa-masa stressing kelas 3 dan masa depan perkuliahan nanti (cieeee). terus terjadilah percakapan kaya gini:
opik: no, bayanginlah masa katanya uas mau dimajuin jadi sebelum uan
rino: oh gitu?
rino: terus kenapa? (anjislah ini reaksinya rino aing banget)
opik: ya bayangin ajalah mau gimana coba blablabla (lupa opik ngomong apa)
rino: yaudahlah.
saya: (seneng ada temen yg sepemikiran) kalo aku mah ga terlalu gimana2 da
saya: biar cepet selesai juga lah ujian-ujianan teh
rino: tah eta
rino: justru baguslah jadi kalian abis uan ga ada pikiran apa-apa lagi, bisa fokus usm snmptn segala macem kan?
saya: iya bangetlah no aku juga mikirnya gitu, biar abis uan teh udah aja fokus
rino: lagian cuma uas ini kan? tenang ajalah pasti dibantuin. waktu itu aja kelas gw praktek olahraga harusnya sekelaseun ga ada yg lulus. tp dibantuin. tau kenapa?
rino: sekolah emang mau malu2in diri sendiri banyak siswanya yg ga lulus?

ah like this pisan lah rino!
ya, alasan kenapa saya ga terlalu menentang isu uas dimajuin ini bukan gara-gara saya sok pinter, sok udah siap segala macem. jujur saya mah jauh dari kata siap. cuma, yah sesuai dengan dialog di atas (naondeui) justru saya mah ngeliatnya, kalo uas dimajuin, abis uan udah lega ga ada beban apa-apa lagi. uas kan pasti ga bakal se-strict uan, ya kan? yaudah kalo misalnya ga siap, seangkataneun ga siap dan uasnya jelek semua, ga mungkin kan sekolah ga ngelulusin kita seangkataneun?
lagian sok ya misalnya uasnya jadi setelah uan. emang yakin, nanti setelah uan kita ga bakal ngeluh dan protes lagi? kata saya mah pasti ujung2nya pada protes lagi. mungkin bakal kayak: 'duh abis uan ada uas lagi kan.. kapan kita bisa fokus usm?' 'plis lah sekolah tuh ngerepotin, jadi bingung kan udah banyak TO sekarang, ditambah uas' dan segala macam protes lainnya. ya akuin ajalah, kata saya sih hal2 kaya gini pasti bakal muncul.

sekolah juga pasti bukannya ga mikirin kita. pihak sekolah juga pasti udah pada ketar-ketir pas kata pemerintah uan dimajuin. keputusan kaya gini ga salah menurut saya, cuma mungkin sekolah perlu lebih memfasilitasi kita dalam persiapan menuju segala macem ujian ini. pemantapannya emang kurang efektif, KBM di sekolah juga kurang kondusif. mungkin ini yang bikin protes makin keras. at least sekolah jangan ngotot lah, jangan terlalu ambisius. istilahnya mah, kita ga dikasih makan cukup, tapi ujiannya susah. kalo emang ga bisa memfasilitasi kita, ya ngalahlah dengan nyesuain kualitas soal dsb.
nah kalo hal ini kata saya emang layak kita perjuangin, tapi gausah protes kejauhan sih kata saya mah. berapa kali sih kita protes yg goal sampai kurikulum ngubah keputusannya? misal pemantapan pas liburan. protes protes protes, tapi tetep jadi kan? pra un tiap sabtu minggu. protes protes protes, tapi nyatanya besok kita mau ngapain? pra un kan?

menurut saya sih daripada protes, mendingan yaudah kita nyiapin diri aja, prepare for the worst lah. jangan sampe garagara keasyikan protes jadi ga nyiapin diri, apatis, terus pas uasnya keteteran, malah jadi alasan lagi buat protes lagi ke sekolah. sekali lagi bukannya protes salah, cuma diimbangin aja kita juga harus usaha lebih. anggap ajalah ini salah satu 'motivasi' (haha maksa).
saya tau banyak temen-temen yang ga setuju sama saya. tapi yaudahsih, saya cuma nge-share pendapat saya aja di sini. kalo saya sih, lebih milih ngejadiin ini salah satu motivasi saya buat belajar lebih keras lagi :) lagian saya sebenernya emang lebih prefer punya waktu lebih panjang buat nyiapin diri buat the real ujian (usm 2). jadi lebih cepat segala urusan persekolahan selesai, lebih baik buat saya.

yuuuuk ah kita samasama berusaha aja ya, saya bukannya ga setuju sama yang nentang keputusan sekolah ini, cuma buat yang nentang, siapin aja belajar, da kapan sih kurikulum pernah dengerin suara kita? hehe. siapin yang terbaik aja ya ;)

selamat menjadi kelas tiga! be positive, beban kita udah banyak jangan ditambah lagi dengan pikiran kita!!
(geleuh lah soksokan sendirinya udah paling okei sedunia aja hahahahaha padahal besok pra un gimana nasibnya duh mamaaaaaaaa (loh jadi curhat))