by

Hal menyenangkan dari hari-hari awal liburan: space otak sangat kosong untuk bisa diisi pikiran macam-macam!
Selama kuliah, mana mungkin bisa mind adventure kayak sekarang - bisa sih, but not to such extent. Mungkin karena otak jadinya lebih banyak terkuras buat kepentingan-kepentingan yang punya tanggal untuk dikejar dan setiap hari rasanya teriak-teriak minta perhatian. Mana sempet mikir jauh-jauh kalau setiap hari ada banyak kepentingan yang sependek satu minggu atau malah satu hari.
Wajar sih, ritme kuliah sekarang juga kayaknya lagi puncak-puncaknya.
Buat saya, senang banget begitu liburan sekarang, bisa kasih kesempatan buat otak melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang cuma seputar obligations and short-term targets, dan dari kemarin kayaknya saya bener-bener puasin diri untuk berkhayal sejauh-jauhnya... haha.
Saya sendiri lumayan kaget sih... setelah liburan saya malah agak kurang tertarik buat hal-hal kayak rencana liburan atau semacamnya; sampai sekarang saya belum ada rencana mau trip kemana-mana atau holiday plan semacam itu. Padahal selama masa-masa jadi zombie dikejar deadline itu rasanya bener-bener nyumpahin habis-habisan bakal balas dendam senang-senang dan hura-hura... but up until now i've actually enjoyed my time just staying home and thinking of things I've never had time to think about in the midst of those deadlines!
Which is... rencana satu, dua, tiga tahun lagi. Belakangan ini saya sadar kalo banyak banget hal-hal yang terlewatkan sekarang yang kemungkinan besar bisa menyusahkan rencana jangka panjang yang saya mau capai. Banyak hal-hal yang kalo diliat sekarang, skala prioritasnya gak terlalu tinggi, tapi kalau saya abaikan, it will cost me much later. Kadang-kadang, when my brain has switched to the 'short-term-thinking' mode, sering banget saya gagal melihat apa yang harus saya bangun mulai dari sekarang untuk mencapai tujuan saya.. the big thing I'm trying to achieve.
Dan sekarang.. while my brain is well in the 'long-term thinking' mode, I need to figure out the things I need to note on my to-do-list... better do it now before I miss the big picture yet again!