random talk nih

by

gue nyesel sering underestimate diri gue sendiri.
random talk nih. hari ini gue iseng buka-buka file writings gue. dan di antaranya, ada salah satu essay yang gue bikin buat seleksi salah satu program international conference gitu.
pada akhirnya essay itu cuma berakhir di folder writings gue. tanpa gue berani kirimin. at that time, gue bener-bener ngerasa ga pede dengan essay gue karena gue emang ga terlalu nguasain topiknya (waktu itu essaynya gue bikin dengan bantuan informasi seadanya yang gue dapet dari google plus bacotan sok asik). emang sih gue cukup nyari artikel-artikel berhubungan dan gue udah cukup banyak googling, tapi emang concern gue kurang di situ sebenernya. gue takut kalo akhirnya gue berhasil keseleksi dan harus ngepresentasiin artikel gue, gue bakal keserang abis-abisan karena pengetahuan gue emang ga terlalu banyak di situ.
plus, gue tahu beberapa temen yang juga ikut apply ke seleksi tersebut yang gue anggap jauh, jauh, jauh lebih capable dari gue. and there goes the crisis of confidence. yang akhirnya membuat gue batal apply ke program tersebut.

beberapa bulan setelahnya (which is just now), gue buka lagi essay itu. and gue bener-bener nyesel karena setelah gue baca lagi, essay itu ga jelek-jelek amat. cukup oke malah menurut gue. i was not that bad. and i might have had the chance if only i have had more confidence in myself.
what's so bad in trying, toh kalo gagal juga ga rugi.