SUMPAH GUE BANGGA BANGET

by


sumpah, satu hari yang singkat ini bener-bener merangkum dengan sangat baik seluruh perjuangan kami, anak2 TPB. anak2 TPB yang secara skill emang ga ada apa-apanya. anak2 TPB yang katanya cupu2 dan bego2.

yang membuat kami hebat adalah, semangat kami. semangat kami membuat kami melewati batas-batas kami. karena kami bersama. karena kami nekat. dan kami bisa.
selalu dan selalu, itu jawaban kami setiap ditanya, "apa yang kalian punya sampe kalian merasa sanggup bikin wisudaan ini?"
yang kami punya adalah semangat kak, bahwa kami mampu bikin wisuda ini, kami satu angkatan.
"alah, basi!"
mungkin basi kak, tapi nyatanya toh benar, kan?

satu hari ini adalah pembuktian.
pembuktian dari hari-hari penuh forsir itu.
mulai dari presentasi-presentasi yang menyita pikiran. sampai tengah malam bahkan pagi, berkutat dengan kertas-kertas: brainstorming ide, bikin storyboard, rangkum semua ide kami dalam gambar visual di atas kertas A2 dan A1.
tolak lagi, konsep lagi, buat lagi. lalu, tolak lagi.
lalu saat akhirnya konsep kami berhasil disetujui, mulai membuat prototype. prototype perform, musik. prototype kostum, souvenir. prototype properti beserta gambar kerjanya.
tolak lagi. buat prototype lagi. lalu, tolak lagi.
kami ada disitu. kami mengalami semua itu. stress karena ide kami semua ditolak. sampai sepertinya otak sudah kering terkuras. tetap ditolak.
sebenarnya kami tengah diforsir agar dapat menciptakan yang terbaik. yang lebih baik dari parameter yang secara tidak sadar telah kami patok untuk diri sendiri. kami tengah diforsir untuk menghancurkan sugesti diri, batasan kemampuan yang kami patok secara tidak sadar.
kemampuan kami tidak berbatas. ayo, sadari itu! jangan berhenti berpikir. terus ciptakan yang lebih baik. jangan puas dengan kata cukup bagus. buatlah sesuatu yang luar biasa.

dan kami memang mampu. kami mampu melewati batasan yang kami sugestikan sendiri itu. hasilnya? perform dan musik yang luar biasa massive dan catchy. kostum-kostum dengan warna cerah, dengan bahan-bahan murah dan seadanya menghasilkan desain yang tidak terduga. menarik. souvenir yang keren banget, penanda yang dapat dikenakan wisudawan dengan bangga. properti yang besar dan sangat menguasai ruang; tentakel-tentakel yang bergerak, mata gurita yang dapat berkedip, dan kerang yang dapat membuka (bahkan kedelapan tentakel yang luar biasa besar itu, di H-1 wisuda baru jadi rangka dasar saja!). baliho-baliho, pawai, dan flyer publikasi yang sangat tidak biasa. mampu mengundang crowd yang memenuhi plawid dan labtek-labtek.

what's not to be proud of?
terimakasih ya, 2010. angkatan gue yang paling keren. sumpah, gue bangga banget sama kalian. sama kita. angkatan hujan, angkatan sangkuriang, apapunlah itu.
dan terimakasih juga untuk angkatan-angkatan atas kami. yang telah membuat kami dapat melewati batas buatan kami itu. yang telah memforsir kami untuk menciptakan yang lebih baik dari yang terbaik. dengan bentakan kalian, dengan hinaan kalian, dengan semua ancaman-ancaman konsekuensi kalian, dengan motivasi dan suntikan semangat. semuanya berharga.