lagi galau spiritual #naon

by

saya cenderung hidup dalam masa sekarang aja.

live in nowness. even the furthest goal set is only up to a lifetime.
what about things beyond-the-lifetime?
seringkali saya lupa. bener-bener lupa.
saya suka menghabiskan banyak waktu buat mikirin, bahwa setiap rutinitas yang saya lakuin ga akan berharga kalo saya ga punya tujuan. makanya saya berusaha keras nyari tujuan saya dalam hidup, nyari apa yang saya ingin capai dari aktivitas yang saya lakukan (terutama kuliah).
tiba-tiba sadar, kayanya pikiran saya terlalu terfokus untuk berusaha keras mencari esensi dari rutinitas duniawi saya. hanya rutinitas duniawi.
gimana dengan rutinitas ukhrowi saya? sholat? shaum? baca qur'an?
apa saya pernah meluangkan waktu untuk mengerti tujuan saya melakukan itu semua?
atau rutinitas itu cuma sekedar jadi rutinitas, yang 'oh iya dari kecil emg udh didoktrin harus sholat lima waktu loh, harus shaum loh, sunnah banget baca qur'an loh'
jujur, saya belum bener-bener menghabiskan waktu untuk mendalami sebenernya kenapa saya butuh dan harus melakukan itu. apa yang ingin saya capai. bohong kalo saya bilang saya tahu tujuan saya. semua lagi-lagi balik ke doktrin, teori yang dijejalkan di otak dari kecil dulu.
dan imbasnya, semua terasa belum bener-bener ikhlas dilakuin karena kebutuhan, tapi masih sekedar karena kewajiban. yang kadang-kadang tersepelekan dan terlupakan, karena saat ini pikiran saya masih pendek. my vision still dwells too much in the present or in a close-future.

saya pengen nyari, nih. mengeksplorasi kebutuhan saya akan hal-hal yang sifatnya berkaitan dengan vertical relationship saya dengan Tuhan.
karena saya ga mau cuma butuh sekali-kali. cuma every now and then. saya harus punya visi yang lebih jauh dari sekedar lifetime. i need something far beyond that.
wuaaaah galaunya haha, ayo halangan cepatlah beres ahhhhh.