pandora

by

ada sedikit candu

barangkali sedikit sihir yang membuatnya begitu memikat

suatu kotak yang biasa saja
kamu tahu apa yang membuatnya begitu menarik?
karena kotak itu tertutup, dan tidak ada yang tahu apa yang ada di dalamnya
aku pun hanya bisa menebak-nebak
mendekatinya, menyentuhkan ujung jariku ke permukaan kotak
yang teraba hanya tekstur pembungkus kotak yang biasa saja
aku ingin mengguncangnya untuk tahu sebesar apa benda yang ada di dalamnya
tapi, aku takut menghancurkan isinya

kotak itu kotak tanpa kunci
yang menguncinya hanya satu amanat: 'jangan buka kotak ini sebelum waktunya'
dan rasa percaya si empunya kotak padaku yang tak bisa kurusak

kamu tahu aku ingin sekali membuka kotaknya
ingin sekali
tapi katanya ini kotak pandora
tidak boleh dibuka

yasudah, aku jaga kotak ini baik-baik
kotak yang aku tidak tahu dan tidak boleh tahu apa isinya