by


ini namanya Arecibo Message, pesan pertama yang dikirim manusia ke galaksi lain (galaksi M13), yang diperkirakan bakal sampai 25,000 tahun cahaya setelah pengirimannya tahun 1974. isi pesan ini adalah 1679 digit angka biner, terbagi jadi 23 kolom dan 73 baris. isinya kurang lebih terbagi jadi tujuh bagian, yaitu (kalo males gausah dibaca 1-7nya):

1. angka 1 sampai 10
2. nomor atom elemen hidrogen, karbon, nitrogen, oksigen, dan fosfor (unsur-unsur penyusun DNA)
3. rumus rangkaian gula dan basa di nukleotida DNA
4. jumlah nukleotida DNA dan gambar struktur double-helix DNA
5. gambar figur manusia, dimensi manusia rata-rata, dan jumlah populasi manusia
6. gambar tata surya
7. gambar teleskop radio Arecibo dan dimensi antena transmisi nya

yah intinya sih kalo yang 2-7 menjelaskan kita manusia terbuat dari apa, bentukan kita kaya gimana, kita asalnya darimana dan gimana caranya kita bisa ngirim pesan ini kalo sepengertian gw sih. yang nomer 1 nya kenapa angka 1 sampai 10? haha gw gatau, mungkin cheksound dulu kali ya ("cek cek satu dua satu dua... sampe sepuluh")

katanya sih (kata Om Wikipedia hahahaha males cari sumber lain cenah) si pesan ini dikirim tujuannya bukan buat berusaha bikin kontak dengan makhluk luar angkasa karena kemungkinan si pesan ini nyampe pun kecil banget dan kalopun berhasil juga masih lama banget, tapi gatau kenapa tetep merinding deh liat Arecibo message ini. Earth calling extraterrestrials, earth calling extraterrestrials!