tweet-inspired

by

jangan lupa, tujuan terpenting kita dalam menjalani hidup. selain tujuan-tujuan yang telah kita susun dan kita rancang untuk masa depan kita, ada tujuan lain. tujuan jangka panjang, yang jauh lebih panjang bahkan dari tujuan seumur hidup kita. dimana tujuan-tujuan hidup kita yang lain sudah sepatutnya kita rancang untuk membekali diri agar kita dapat lebih siap meraih tujuan utama tersebut.

tujuannya ada setelah kematian.

mengenai kehidupan setelah kematian sendiri, masih agak bias konsepnya bagi saya. saya percaya bahwa ia ada, namun mungkin konsep yang ada di pikiran saya agak berbeda dari konsep yang selalu didoktrinkan kepada kita sejak kecil.
kehidupan setelah kematian mungkin rahasia yang sangat besar yang saking besarnya, konsep mengenainya juga sangat sulit diterima akal sehat. karena itu, pendekatan kita menuju kehidupan tersebut pada akhirnya terpecah belah. pendekatan menuju garis finish itu pun akhirnya ditempuh dengan jalur yang berbeda-beda, jalan yang berbeda-beda.

namun satu hal yang saya yakini dengan amat sangat, motivasi utama saya untuk menjalani hidup dengan sepantasnya dan dengan sebaik yang saya bisa adalah karena saya percaya akan kehidupan setelah kematian. sebuah motivasi untuk hidup dengan mengendalikan dan bukannya dikendalikan oleh hawa nafsu, menurut saya berasal dari tujuan ini. dan pada akhirnya, bahwa kita memiliki tujuan untuk mencapai kehidupan setelah kematian sebaik mungkin adalah motivasi yang membedakan kita dengan makhluk hidup lainnya, bukan?

dan hampir setiap manusia, dengan jalannya masing-masing, hidup dengan visi yang sama: kehidupan setelah kematian. dengan jalannya masing-masing, dengan pendekatannya masing-masing, kita semua dapat saling membatasi diri dan dapat hidup bersama di dunia.

hidup tidak berhenti dengan kematian. sadar atau tidak, hal inilah yang seharusnya mendasari setiap hal yang kita lakukan di dunia.
sebaiknya sih sadar.